5 Keunggulan Daihatsu Charade, Sedan Hatchback Favorit pada Masanya


Tahun 1970-an hingga 1990-an adalah masa keemasan untuk mobil-mobil hatchback. Mobil jenis ini juga dianggap sebagai ikon anak gaul kala itu. Di antara banyaknya model hatchback, Daihatsu Charade termasuk salah satu yang menarik perhatian.

Meski masuk Indonesia sejak generasi pertama di tahun 70-an, Charade yang paling populer adalah produksi tahun 90-an, seperti Charade Winner dan CX. Mobil ini menjadi pesaing berat bagi Honda Civic Estilo dan Toyota Starlet.

Keunggulan Daihatsu Charade

Dibandingkan dengan mobil hatchback lainnya, Charade punya banyak keunggulan. Berikut ini adalah 5 keunggulan yang dimiliki salah satu hatchback legend dari Daihatsu tersebut.

1. Harga Terjangkau

Pada era 90-an, Charade dipasarkan dengan harga Rp20 hingga Rp40 jutaan. Kisaran harga tersebut masih sangat terjangkau untuk banyak kalangan. Mobil ini tidak hanya dilirik oleh para pencinta otomotif.

Masyarakat yang mencari kendaraan untuk mobilitas di perkotaan juga sangat tertarik pada hatchback satu ini. Dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Toyota Starlet atau Honda CIvic, Charade adalah sebuah good deal untuk pemakaian jangka panjang.

2. Irit Bensin

Tidak hanya punya harga jual yang murah, Charade juga memiliki konsumsi BBM yang terbilang irit. Konsumsi BBM di Charade CX tahun 1988 bisa sampai 1:18 untuk pemakaian dalam kota. Sementara untuk Charade Classy 1991 di angka 1:10 dalam kondisi AC hidup dan 1:12 ketika AC mati.

Charade generasi terakhir menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1300 cc. Mesin ini memiliki sistem pembakaran yang lebih efektif sehingga membuatnya lebih irit BBM.

3. Performa yang Cukup Baik

Kalau soal performa, Charade sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Mesin 1300 cc 4 silindernya mampu menghasilkan tenaga hingga 89 HP di putaran mesin 6500 rpm. Torsi terbesar yang mampu dihasilkan adalah 105 Nm di putaran 4000 rpm. 

Mengingat bobot mobil ini hanya sekitar 800 kg, maka tenaga dan torsi yang dihasilkan sudah lebih dari cukup untuk bermanuver di jalanan lurus maupun tanjakan.

4. Sparepart Mudah Didapatkan

Sampai saat ini, Daihatsu Indonesia masih menyediakan spareparts resmi untuk Charade. Jadi, para pemilik dan pengguna mobil hatchback klasik ini tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan suku cadang. Harganya pun masih terbilang normal dan tidak mengalami kenaikan berarti.

5. Perawatan Tidak Rumit

Keunggulan terakhir dari Charade adalah perawatan yang terbilang mudah untuk sekelas mobil tua. Mesin yang bandel membuat mobil ini tidak terlalu rewel meski usianya sudah 30 tahun. Biaya yang dibutuhkan untuk perawatan juga masih terjangkau mengingat suku cadangnya juga mudah didapat.

Karena punya begitu banyak keunggulan dibandingkan mobil sekelas lainnya, Charade bisa dipertimbangkan untuk masuk ke wishlist mobil klasik. Saat ini, Charade di pasaran bisa didapatkan mulai dari harga Rp 20-an hingga Rp40-an juta.