5 Alat Masak yang Wajib Ada Agar Memasak Lebih Cepat

Sumber: freepik.com
Sumber: freepik.com

Memasak memang menyenangkan, tapi bagi orang yang serba sibuk dan tak bisa berlama-lama di dapur untuk mengolah dan menyiapkan makanan, memasak harus menjadi proses yang cepat. Nah untungnya saat ini ada banyak sekali alat masak canggih yang bisa mempersingkat waktu memasak. Alat-alat elektronik ini memang dirancang untuk gaya hidup kaum urban yang serba cepat.


Ingin tahu apa saja alat-alat memasak yang wajib Anda miliki untuk membantu Anda membuat makanan dengan lebih cepat dan pastinya lebih sehat? Simak baik-baik artikel berikut.


Slow Cooker

Sumber: Shopee.co.id

Slow cooker, juga dikenal sebagai crockpot, adalah alat masak yang menarik. Selain lebih hemat energi dibandingkan oven, ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan sisa daging dan sayuran. Anda cukup memasukkan semuanya dalam kaldu, biarkan masak sepanjang hari, dan Anda pun bisa menikmati sup lezat! Anda bisa mendapatkan slow cooker dengan harga terjangkau di toko online yang biasanya memberikan diskon menarik.


Rice Cooker

Sumber: Shopee.co.id

Rice cooker sudah pasti perlu Anda miliki karena alat ini bisa menanak nasi dengan cepat dan sempurna. Meski daya listriknya cukup besar, rice cooker tetap worth it untuk dimiliki karena Anda tidak perlu menanak nasi dengan dandang seperti cara tradisional dulu. Dengan rice cooker, Anda tak perlu khawatir nasi Anda gosong! Dan rasanya saat ini tidak ada rumah yang tidak memiliki rice cooker.


Juicer

Sumber: Shopee.co.id

Jika Anda belum punya juicer, sebaiknya Anda membelinya sekarang. Juicer tidak hanya merupakan alat yang bagus untuk memeras jus buah; dengan alat ini, Anda juga bisa membuat jus sayuran.


Juicer bisa menghemat tenaga saat mengekstrak jus sebanyak mungkin, sesuatu yang mungkin sulit dilakukan oleh banyak orang ketika memeras buah dengan tangan. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan biji atau ampas yang ada di jus Anda karena sudah ada saringannya dan Anda tinggal membuangnya.


Blender

Sumber: Shopee.co.id

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli blender yang bagus. Harga blender biasa sekitar 150-200 ribuan, dan itu sudah lebih dari cukup. Banyak orang memiliki blender dan mereka tidak tahu cara menggunakannya secara efektif. Tetapi begitu Anda mulai memanfaatkan sepenuhnya blender Anda dan menggunakannya sebagai salah satu alat bantu Anda, Anda tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi juga bisa menciptakan variasi dalam menu Anda secara teratur.


Food Processor

 

Sumber: Shopee.co.id

Food processor memiliki banyak sekali kegunaan. Dengan alat ini, Anda bisa memarut keju batangan, membuat mayo, selai, krim kocok, serta memotong atau mengiris sejumlah sayuran dalam waktu singkat. Dengan food processor, Anda juga bisa membuat aneka macam saus dan celupan lezat untuk berbagai menu Anda. Anda akan menghemat banyak waktu dengan memiliki food processor.


Memasak tidak harus menjadi tugas harian yang menjengkelkan dan merepotkan karena kini sudah ada banyak alat canggih yang bisa membantu Anda. Daftar ini bisa menjadi lebih panjang jika kita memasukkan beberapa alat lain seperti microwave, toaster, pressure cooker, coffee maker, dan lain sebagainya.


Tapi dengan lima alat ini saja kami rasa sudah cukup. Pastikan Anda memiliki alat-alat memasak dasar yang handal, mulai dari satu set pisau masak, spatula, sampai sendok garpu masak. Dan alat-alat di atas sebenarnya juga cocok untuk anak kos yang tak punya dapur besar karena mereka bisa menyiapkan makanan sendiri di dalam kamar. Ini jauh lebih hemat daripada selalu membeli makanan di luar.