Terkini Dari SehatQ.com : Bahaya Merokok Untuk Kesehatan, Ini Perlu Anda Waspadai

Merkok adalah salah satu aktifitas yang biasanya dilakukan karena faktor kebiasaan yang menyebabkan ketagihan, rokok sendiri terbuat dari bahan utama tembakau. Banyak orang yang suka untuk merokok terlebih untuk para kaum adam. Namun rokok ini memiliki banyak keburukan jika secara terus menerus di gunakan, terutama sangat tidak baik untuk kesehatan. Mungkin kita sudah pernah mendengar mengenai Bahaya merokok, apa saja bahayanya? Yuk kita simak disini bebera[a gangguan akibat dari merokok ini

Bahaya Merokok, Ini Gangguan Kesehatan Yang Bisa Saja Terjadi

Gangguan Kardiovaskular
Jika Anda gemar merokok, maka Anda akan berpoteni besar terkena serangan jantung. Perokok dalam hal ini sangat beresiko dua sampai dengan empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Kemudian resiko juga lebih tinggi lagi kalau Anda seorang wanita yang sedang melakukan KB. 

Pada saat Anda merokok maka ini sama halnya dengan Anda memasukkan zat-zat yang sangat berbahaya dan memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, khususnya dalam hal ini bagian jantung, contohnya saja yaitu zat nikotin. Pada saat nikotin tersebut masuk ke dalam tubuh, maka zat tersebut dapat mengurangi adanya kadar oksigen yang bisa masuk ke dalam darah.

Zat yang memiliki sifat candu tersebut juga dapat mempercepat detak jantung, kemudian menaikkan tekanan darah serta merusak pembuluh darah yang terdapat di dalam jantung serta untuk meningkatkan adanya kemungkinan terjadinya penggumpalan darah yang dapat memicu serangan jantung. Selain itu juga bisa berakibat fatal dan buruk terhadap organ tubuh lainnya.

Bahaya merokok ini selain dirasakan oleh perokok sendiri atau disebut dengan perokok aktif, ternyata juga berdampak pada orang yang tidak merokok sama sekali. Hal ini karena asap rokok dapat menyebabkan penyakit jantung serta kanker dan paru-paru untuk perokok pasif, yaitu orang yang tidak merokok akan tetapi tetap menghirup asap dari rokok tersebut.

Otak 
Merokok ini dapat meningkatkan resiko terkena stroke lebih tinggi yaitu sebesar 50%, sehingga bisa membuat kerusakan pada otak serta kematian. Selain itu merokok juga bisa meningkatkan risiko terjadinya aneurisma otak. 

Apa itu aneurisma otak?
Aneurisma otak yaitu terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah yang terjadi akibat semakin melemahnya dinding pembuluh darah. Ini sewaktu-waktu bisa pecah, serta bisa mengakibatkan pendarahan pada otak.

Mulut dan Tenggorokan
Bahaya merokok selanjutnya yaitu pada mulut dan tenggorokan, bau mulut serta gigi bernoda sebagai salah satu efek yang bisa timbul dari akibat merokok. Penyakit gusi dan kerusakan indera perasa pun juga bisa timbul dari akibat merokok. Masalah serius yang bisa saja hinggap pada mulut serta tenggorokan yaitu meningkatnya risiko kanker yang terjadi pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.

Paru-paru. 
Ini merupakan salah satu efek yang paling berbahaya dari merokok, yaitu kanker paru-paru. Di dalam rokok terdapat bahan-bahan kimia yang memiliki potensi merusak sel paru-paru, selanjutnya ini dapat merubah sel kanker, kemudian penyakit serius yang lainnya seperti bronchitis, pneumonia dan emfisema.

Lambung. 
Merokok ini juga dapat melemahkan otot yang mengontrol di bagian bawah kerongkongan Anda, hal ini yang membuat asam dari lambung akan bergerak kea rah yang salah, yaitu menjadi ke kerongkongan. Sehingga dengan adanya kondisi ini  dinamakan dengan penyakit asam lambung atau GERD, dalam hal ini beberapa resiko dari penyakit lambung yang lainnya yang terjadi pada seorang perokok yaitu ulkus atau tukak lambung dan kanker lambung.

Itulah beberapa bahaya jika Anda sering merokok, maka dari itu sebaiknya hindari merokok. Nah kini untuk Anda yang ingin wawasan lain artikel kesehatan yang recommended bisa ke sehatq.com