5 Kriteria Penting dalam Mencari Dokter Alergi Anak

Mencari dokter anak yang bagus adalah kunci agar anak selalu termonitor kesehatannya. Apalagi jika anak Anda memiliki alergi tertentu. Meski tidak selalu mudah untuk menemukan dokter alergi anak, namun dokter anak yang biasa pun juga selalu memiliki pengetahuan cukup luas tentang alergi, dan bisa membantu Anda untuk mengatasi alergi yang dihadapi anak Anda.
Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K). (foto: alergianak.com)

Namun karena dokter anak adalah dokter yang sangat erat hubungannya dengan kesehatan anak Anda, maka Anda pun akan harus memilihnya dengan hati-hati. Utamakanlah untuk menemukan dokter anak yang:

1. Cocok dan nyaman dengan anak 
Semakin nyaman anak Anda dengan dokternya, semakin mudah anak bekerja sama dan bersikap tenang saat diperiksa.

2. Ramah dan sabar
Anak kecil biasanya sulit dihadapi, apalagi ketika mereka sedang sakit. Jadi carilah dokter yang sabar dan sikapnya ramah, sehingga bisa membuat anak jadi nyaman.

3. Gampang dihubungi
Anak bisa sakit kapan saja, jadi akan lebih baik jika Anda juga memiliki dokter yang gampang dihubungi.

4. Kebersihan ruangan praktek
Ruang praktek yang bersih dan nyaman akan membuat anak juga lebih betah dan tidak terlalu rewel, apalagi kalau ada mainan nya.

5. Fasilitas lengkap
Akan lebih baik lagi jika klinik dokter tersebut memiliki fasilitas lengkap, dan dokter anak tersebut memiliki kemampuan yang mumpuni.

Segeralah hubungi dokter anak Anda tersebut jika anak Anda mengalami:

• Demam, apalagi demam tinggi di atas 38o C. Ini karena demam bisa memiliki efek permanen bagi kondisi anak.

• Diare yang berkepanjangan atau masalah pencernaan yang membuatnya sangat sulit makan.

• Ketika anak kekurangan cairan atau dehidrasi, ini saatnya membawa anak ke dokter. Kekurangan cairan akan berakibat fatal pada anak.

• Munculnya ruam karena infeksi maupun alergi, yang kemudian disertai dengan demam tinggi.

Anda sebaiknya juga memiliki jadwal rutin untuk menemui dokter alergi anak Anda tersebut, sehingga Anda bisa kenali alergi dan selalu siap dalam menghadapi kondisi kesehatan anak yang terganggu. Mintalah pada dokter untuk mengajari Anda bagaimana menghadapi situasi ketika reaksi alergi anak kambuh, dan tak ada dokter di dekatnya. Dengan demikian, Anda jadi lebih merasa tenang dan siap.