Tips Bahasa Inggris “On” untuk Waktu dan Tempat


Preposisi on digunakan untuk keterangan waktu dan juga tempat. Preposisi on sendiri digunakan dengan lebih spesifik ketimbang preposisi lainnya seperti in namun memiliki rentang waktu ataupun tempat yang tidak terlalu spesifik seperti at. Memahami cara menggunakan on termasuk sangat penting mengingat kita sering memberikan keterangan waktu ataupun tempat saat berkomunikasi dengan orang lain.

Cara Menerapkan “On” untuk Menjelaskan Waktu

Ada kurang lebih tiga keterangan waktu yang dijelaskan dengan menggunakan preposisi on, yakni hari, tanggal dan juga hari besar.

1. Preposisi On untuk Menerangkan Hari
Keterangan nama hari dijelaskan menggunakan preposisi on. Berikut adalah contoh penggunaan preposisi on:
- I have an appointment to meet my friend on Saturday
- We will have Prof. Abi class on Monday

2. Preposisi On untuk Menerangkan Tanggal
Berbeda dengan bulan dan tahun yang menggunakan preposisi in, tanggal harus diterangkan menggunakan preposisi on karena lebih spesifik jenisnya. Berikut contoh penggunaan preposisi on:
- His birthday party will be held on January 23rd, 2020
- My younger sister was born on 1st January 2020

3. Preposisi On untuk Menerangkan Hari Besar
Hari-hari besar ataupun momen perayaan spesial dijelaskan dengan menggunakan preposisi on. Hari besar seperti New Year’s Eve, Christmas, Eid Fitri dan masih banyak lagi. Perayaan ulang tahun, kelulusan juga dijelaskan dengan preposisi on. Contoh penggunaan preposisi on seperti berikut:
- I went to Parangtritis Beach with my parents on New Year’s Eve
- My younger sister got a lot of money on her birthday

Penggunaan On untuk Menjelaskan Tempat
Preposisi on juga digunakan untuk menjelaskan keterangan tempat yang lebih spesifik namun tidak sangat spesifik seperti at. Misalnya on digunakan untuk menjelaskan nama dari suatu jalan tanpa keterangan nomor. Berikut contoh penggunaan preposisi on:
- My friends live on Cendana street

Masih banyak lagi penggunaan preposisi yang harus Anda pelajari agar dapat lancar berbahasa Inggris. Agar lebih lancar, Anda bisa mendaftar kursus bahasa Inggris di EF Adults.