Manfaat Bakteri Baik di Dalam Tubuh


Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis minuman kesehatan, seperti yogurt atau susu, bukan? Minuman kesehatan tersebut dapat menghubungkan pencernaan Anda dengan bakteri baik. Dengan adanya bakteri baik melawan bakteri jahat di dalam tubuh, maka dapat dipastikan usus Anda akan tetap sehat.

Bakteri baik banyak jenisnya, salah satunya adalah lactobacillus acidophilus dan bifidobacteria. Jika saja jumlah bakteri tersebut berkurang di dalam tubuh, dikhawatirkan akan terjadi penumpukan toksin di kolon. Mungkin juga Anda rentan terhadap berbagai jenis penyakit yang mengganggu kesehatan fisik Anda.

Adapun manfaat Bakteri di dalam tubuh, adalah sebagai berikut:

1. Dapat memulihkan dan mengatur usus dari kerja berat
Bakteri baik sangat bermanfaat untuk mereka yang mengalami sembelit dan sindrom iritasi usus. Bakteri baik juga dapat mencegah dan mengobati diare akibat antibiotik.

2. Sebagai eliminator racun
Bakteri baik di dalam tubuh akan menonaktifkan senyawa toksik seperti nitrat yang dihasilkan oleh mikroorganisme lain dari makanan.

3. Membantu pembentukan enzim laktase
Dengan adanya enzim laktase, produk susu yang kurang bersahabat dengan perut dapat dicerna secara sempurna. 

4. Pelindung sistem imun
Bakteri baik juga membantu pembentukan antibodi yang mencegah pertumbuhan mikroorganisme secara berlebihan. 

5. Dapat mencegah timbul atau kambuhnya infeksi saluran kemih dan vagina (terutama setelah mendapatkan antibiotik).

6. Meningkatkan perlindungan terhadap potagen, virus, dan bakteri.

7. Bakteri baik juga dapat memberikan keseimbangan usus setelah pemberian antibiotik, obat, kemoterapi/radiasi, pemilihan makanan yang kurang tepat.

8. Mengharukan napas
Bau mulut, salah satu penyebabnya adalah kurang mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung serat. Padahal serat sangat bersahabat dengan bakteri baik di dalam tubuh. Sehingga, gas-gas yang dibawa ke paru-paru akan dikeluarkan melalui mulut dengan aroma yang harum.

Dengan banyaknya manfaat bakteri baik untuk kesehatan tubuh, secara otomatis proses penjagaan bakteri akan lebih baik dan dapat dipertahan lebih lama. Untuk pembahasan seputar tips kesehatan lainnya, Anda bisa simak di isitus https://www.guesehat.com/.