Cara Mengobati Asam Urat

Sumber: alodokter.com 

Asam urat memang bukan hal yang asing lagi. Banyak dari orang tua mengalami asam urat. Apa itu asam urat? Menurut hellosehat.com penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh. Bagaimana cara mengobati asam urat? Menurut hellosehat.com kamu dapat mengubah gaya hidup sebagai cara mengobati asam urat seperti olahraga yang teratur. Olahraga hal yang dapat dilakukan di luar dan dalam rumah. Kamu dapat berolahraga secara teratur tiga puluh menit selama lima hari dalam seminggu. Olahraga juga akan membuat sendi kamu terlatih dengan baik sehingga bisa mencegah nyeri sendi yang kerap kali menyerang penderita asam urat. Cara mengobati asam urat lainnya adalah dengan diet yang tepat. Penderita obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena asam urat. Kamu dapat menjaga berat badan dengan makan lebih banyak buah dan sayuran serta gandum utuh. Kamu juga dapat menghindari makanan dengan lemak jenuh tinggi seperti daging merah, susu yang mengandung lemak dan jeroan. Pilihlah makanan yang harus dihindari dan dibatas untuk mencegah lonjakan asam urat semakin tinggi. Kamu juga dapat memantau kadar asam urat tubuh dengan cara menggunakan alat tes asam urat. Dengan menggunakan alat yang bisa kamu gunakan sendiri, kamu dapat memantau kadar asam urat tanpa perlu ke rumah sakit atau mengunjungi dokter. 

Menurut alodokter.com terdapat beberapa obat yang dapat kamu konsumsi sebavai cara mengobati asam urat seperti kopi, buah dan sayur yang mengandung vitamin C, kunyit, jahe, dan air putih. Kopi dapat menjadi obat karena dikatahui memiliki kandungan mineral, polifenol dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine. Ini juga dapat mencegah asam urat mengendap dan merusak tulang serta sendi. Buah dan sayur yang memiliki vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat tinggi. Buah yang direkomendasikan antara lain jambu, jeruk, mangga, pepaya, semangka, kiwi. Sayuran yang direkomendasikan adalah kembang kol, brokoli, paprika, tomat dan bayam. Jahe juga dapat menjadi obat alami dari asam urat karena memiliki kandungan antiradang dan dapat meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman karena pembengkakan akibat asam urat. Kunyit juga dapat menjadi obat karena fungsi yang sama dengan jahe. Air putih juga baik untuk membuang asa urat yang berlebih dari tubuh. Tubuh akan menghasilkan lebih banyak urine ketika mengonsumsi air putih yang banyak. Ini akan membuat asam urat lebih banyak terbuang memalui urine sehingga tidak menumpuk dalam tubuh. 

Penyakit asam urat memiliki tahapan. Tahap pertama, kadar asam urat pada tahap ini sudah naik di dalam darah, namun belum ada gejala dari penyakit ini yang muncul. Biasanya orang yang mengalami ini akan merasakan gejalanya setelah terserang batu ginjal. Pada tahap kedua, kadar asam urat yang terlalu tinggi membentuk kristal yang biasanya terjadi pada bagian jari kaki. Penderita baru akan merasakan nyeri pada sendi namun tidak berlangsung lama. Penderita baru akan mengalami gejala asam urat lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering. Dan tahap ketiga, gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk hanya menyerang satu sendi saja. Dalam tahap ini akan muncul gumpalan zat yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi menyebabkan nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang rawan. 

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit dan cara mengobati asam urat.